Semarang, (25/6/2021) Alumni, Mahasiswa, bersama dengan Pengurus Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro telah melaksanakan audiensi dan pemaparan konsep terkait kegiatan Career Mentoring dari hasil kolaborasi antara Mahasiswa dengan Alumni.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari pihak Departemen Teknik Elektro. “Ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa dan departemen. Melalui acara ini diharapkan kualitas lulusan Teknik Elektro Undip dapat terbekali tidak hanya dari sisi hardskill, akan tetapi softskill nya juga” Ujar Sukiswo, selaku dosen dan pengurus Departemen.

Ide kegiatan “Career Mentoring” ini berawal dari forum antara Alumni dan Departemen pada bulan Maret yang lalu. Beberapa alumni memberikan saran terkait dengan kegiatan yang dapat meningkatkan softskill dari lulusan Teknik Elektro Undip. Melalui kegiatan ini pula diharapkan mahasiswa dapat mengerti wawasan-wawasan tentang dunia pekerjaan yang akan mereka hadapi nantinya. Mentoring ini rencananya akan menyasar mahasiswa yang telah berada di semester 5 dan akan dilaksanakan dalam 1 periode per semesternya.

Career mentoring ini akan dilaksanakan dalam bentuk Grup yang terdiri dari 1 Mentor dan 5 Mentee. Alumni-alumni yang kompeten akan mengambil peran sebagai mentor dan pembimbing 5 mahasiswa. Satria Nuswantara (Alumni Teknik Elektro 2005) selaku steering commite  juga menyebutkan bahwa kegiatan ini akan bersifat eksklusif, artinya tidak semua mahasiswa bisa mengikuti kegiatan mentoring ini, “Kami akan sasar mahasiswa-mahasiswa yang aktif, memiliki niat yang sungguh-sungguh, dan sanggup menaati segala aturan yang ada dalam proses mentoring nya nanti” Ujar Satria Nuswantara.

Bersama dengan perwakilan mahasiswa 2017 (Khilmi, Ivan, Rais, Husein, dan Aryo), Satria menyusun konsep mentoring dengan detail dan fleksibel. Dengan fleksibilitas yang ditawarkan, program ini mendapat banyak dukungan dari pihak Alumni. Pada mentoring batch pertama ini akan dilaksanakan dari bulan Juli hingga bulan Oktober 2021. Sasaran kegiatan mentoring ini pun dirasa tepat, dengam membawa tema besar “Pre dan Post Employeed” Mahasiswa dipersiapkan untuk siap menghadapi dunia kerja yang sangat berbeda di masa pandemi ini. Dua poin target yang menjadi highlight adalah “Job Matching” dan “How To Scale Up Career And Reach Top Management on Company”, Ini banyak dikeluhkan para fresh graduate ketika ternyata salah dalam memilih pekerjaan kemudian bingung akan apa yang perlu dipersiapkan ketika sudah diterima kerja. Kegiatan ini juga turut melibatkan alumni-alumni Teknik Elektro Undip yang sudah duduk di jajaran top management. Alumni yang turut berperan dalam batch pertama ini adalah Satria Nuswantara (Manajer di IndoKordsa), Fahmi Kuncoro(Manajer Unit di PLN), dan Arief Suryo(Network Leader di Huawei).

“Harapan kami dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa sudah siap saat menghadapi dunia Pasca Kampus yang sudah berubah signifikan karena adanya Pandemi ini” kata Yuli C, Sekretaris Program Studi Sarjana Teknik Elektro UNDIP.

Jangan lupa follow IG Mentoring Elektro biar Elektro makin Jaya di darat, laut, dan udara.