KEREN! Mahasiswa Elektro Undip Ajarkan Warga Tembalang Membuat Lampu Emergency dari Limbah

Mahasiswa Teknik Elektro bersama Ikatan Alumni Teknik Elektro ( IATE ) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di RT 02 RW 01 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Semarang, Senin (14/5) malam.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh lima mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Diponegoro yaitu Anis Fajri, Ahmad Anwar, Abdul Fandi, Yuda Auliyyan, Muhammad Andhaz.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri dosen pendamping yaitu Dr Abdul Syakur ST.MT dan didukung oleh IATE.

Dr Abdul Syakur ST MT menjelaskan, sasaran dari kegiatan ini adalah warga RT 02 RW 01 Kelurahan Tembalang yang terdiri dari para ibu dan bapak serta pemuda pemudi sekitar.

Pada kegiatan tersebut para mahasiswa mengadakan pelatihan tentang pembuatan lampu dari peralatan elektronik seperti trafo ferrit bekas lampu, transistor, kawat lilitan dan komponen elektronik lain.

Selain itu mereka juga memaparkan tentang penghematan energi listrik. Para mahasiswa juga menjelaskan macam – macam alat atau piranti listrik yang dapat mempengaruhi pemakaian energi listrik, juga tentang perilaku hemat energi seperti melepas steker peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai seperti charger handphone atau perangkat listrik lainya.

“Harapanya dengan adanya kegiatan pelatihan ini masyarakat dapat memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan lampu emergency,” ujarnya.

Tim ini merupakan para mahasiswa dari semester enam S1 teknik elektro konsentrasi arus kuat. Mereka merupakan mahasiswa yang terpilih dari proses seleksi yang dilakukan fakultas.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Teknik Elektro bersama Ikatan Alumni Teknik Elektro ( IATE ) tersebut baru tahun ini digelar. Rencanaya berlanjut menjadi ivent tahunan.



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul KEREN! Mahasiswa Elektro Undip Ajarkan Warga Tembalang Membuat Lampu Emergency dari Limbah, https://jateng.tribunnews.com/2018/05/15/keren-mahasiswa-elektro-undip-ajarkan-warga-tembalang-membuat-lampu-emergency-dari-limbah.
Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy