Alumni Elektro Undip Dukung Mahasiswa Ajak Masyarakat Hemat Listrik

Mahasiswa Elektro Undip mengadakan Pengabdian Masyarakat dana Hibah Alumni Elektro, Rabu, (9/5) pukul 15.30 di RT 03 RW 04 Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik Semarang.

Pelaksananya empat orang mahasiswa dan satu mahasiswi S1 teknik Elektro Universitas Diponegoro. Yakni Dhanu Herlambang W, Muhammad Arif, Satria Arkananta Putra, Rio Agung P., Alfia Putri Wulandari.

Serta didampingi dosen Ir. Karnoto, M.T. dan didukung oleh Ikatan Alumni Teknik Elektro (IATE) . Pesertanya ialah warga RT03 RW 04 kelurahan pedalangan yang terdiri dari Para Ibu, Bapak dan remaja sekitar.

Materiya mengenai penyuluhan penghematan energi listrik di RT03/04 Kelurahan Pedalangan Banyumanik.

Latar belakang peksanaan kegiatannya karena sampai dengan saat ini, masyarakat di RT. 03 RW. 04 Kecamatan Banyumanik Kelurahan Pedalangan belum banyak mengetahui tentang bagaimana pengelolaan listrik hemat dan efisien.

Sehingga masyarakat setempat hanya menggunakan listrik tanpa memperhatikan penggunaannya. Dan juga masyarakat setempat masih kurang memiliki wawasan terhadap jenis-jenis lampu yang lebih hemat seperti lampu LED lebih hemat daripada lampu pijar dan sejenisnya dengan daya yang sama dan juga apakah alasan beserta sebabnya.

Masyarakat di RT. 03 RW. 04 Kecamatan Banyumanik Kelurahan Pedalangan juga belum banyak mengetahui tentang penggunaan listrik untuk keperluan penerangan yang aman dan benar dan bagaimana melalukan pengukuran konsumsi energi listrik.

Penggunaan energi listrik untuk keperluan penerangan berbagai kebutuhan harus sesuai dengan ketentuan SNI tentang standar Kekuatan Penerangan Cahaya. Oleh karena itu, diperlukan adanya program sosialisasi atau penyuluhan dan pencerdasan penghematan energi listrik.

Adapun target dan tujuan yang ingin dicapai adalah untuk sharing ilmu dan juga pengalaman yang didapatkan selama dibangku kuliah untuk diaplikasikan langsung dilingkungan masyarakat sekitar.

Yang nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghemat penggunaan listrik, meningkatkan wawasan masyarakat tentang penggunaan listrik, dan masyarakat sasaran dapat melakukan penghematan listrik dengan mengganti jenis lampu.

Dengan mekanisme penyampaian menggunakan power point/ppt dan juga alat simulasi. Untuk materi yang akan disampaikan Tentang Penghematan Energi Listrik dengan cara mengganti jenis lampu dan cara menggunakan peralatan listrik dirumah tangga yang aman dan benar.

Dr. Abdul Syakur mewakili Yayasan Alumni Teknik Elektro yang hadir dalam acara tersebut menyatakan bangga dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para Mahasiswa dengan peduli pada masyarakat lingkungan sekitar.

Ilmu yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah, juga diamalkan dan dipraktekan untuk kemanfaatan masyarakat luas.

“Alumni mendukung kegiatan yang telah direncanakan, disiapkan dan dilaksanakan sepenuhnya oleh mahasiswa tersebut dengan arahan dari Dosen,” pungkasnya dalam siaran tertulis,



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Alumni Elektro Undip Dukung Mahasiswa Ajak Masyarakat Hemat Listrik, https://jateng.tribunnews.com/2018/05/09/alumni-elektro-undip-dukung-mahasiswa-ajak-masyarakat-hemat-listrik.
Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy