P 20170324 160826
« 2 of 5 »

Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro menyelenggarakan workshop pengembangan kurikulum berbasis KKNI pada tanggal 24 – 25 Maret 2017. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Grand Wahid Salatiga dengan melibatkan seluruh civitas akademika Departemen Teknik Elektro.

Workshop menghadirkan  pemateri Dr. Ir. Ratnawati, M.T. dari LP2MP, Ir. Dani Indra Widjanarko dari Pasifik Satelit Nusantara, Yuli Christiyono, ST., MT. dan Achmat Hidayatno, ST., MT dari Departemen Teknik Elektro

Dalam pembukaaan acara Dr. Sulardjaka, S.T., M.T. mengharapkan kurikulum Departemen Teknik Elektro mampu meningkatkan daya saing lulusan dengan mengikuti perkembangan zaman.

Hal senada juga  disampaikan oleh Dr. Ir. Ratnawati, M.T. Dalam paparannya beliau mengingatkan untuk menyelaraskan kurikulum tingkat prodi dengan aturan yang ditetapkan universitas agar Universitas mampu memetakan kebutuhan Program Studi. Beliau juga berpesan bahwa  kurikulum juga harus melibatkan peran asosiasi program studi dan industri dalam merumuskan tren kurikulum.

Dalam kesempatan yang lain  Ir. Dani Indra Widjanarko memberi gambaran kebutuhan industri masa depan.  Lulusan teknik elektro harus memiliki pengetahuan teknologi informasi yang cukup. “Perkembangan Internet of Things (IoT) mensyaratkan semua perangkat terkoneksi jaringan berbasis Internet Protocol (IP)”, beliau menambahkan.

Dalam penutupan workshop Dr. Wahyudi, MT selaku Ketua Departemen Elektro berpesan semoga kegiatan wokshop ini menghasilkan kurikulum berbasis KKNI sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan mampu meningkatkan mutu serta daya saing lulusan Teknik Elekto di masa depan.