Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Diponegoro mengajari masyarakat RT. 006 RW. XII Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik cara menginstalasi listrik dengan benar. Ketua pelaksana, M Hadi Marta E memimpin para mahasiswa mengajari warga cara menghemat energi listrik.

Hadi menuturkan, masyarakat RT. 006 RW. XII Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik juga belum banyak mengetahui tentang penggunaan piranti listrik untuk keperluan rumah tangga, sambungan kabel rumah dan penerangan jalan gang rumah serta keperluan penerangan yang aman, layak, dan benar.

“Tujuan kami adalah meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk dapat melakukan instalasi listrik dan menghemat beberapa penggunaan listrik rumah tangga,” katanya, Kamis (10/5) di acara Penyuluhan Instalasi Listrik dan Penghematan Energi Listrik Rumah Tangga.

Ia mengajari warga cara mengganti jenis lampu dan cara menggunakan peralatan listrik di rumah tangga yang aman dan benar. Kemudian melakukan praktik cara pemasangan instalasi listrik rumah tangga dan cara menyambung kabel listrik.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh Mahasiswa S1 Teknik Elektro dari konsentrasi Teknik Tenaga Listrik dibantu oleh dosen pembimbing yang sangat berkompeten di bidang instalasi listrik.

Terselenggaranya pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh IATE (Ikatan Alumni Teknik Elektro) dan juga Universitas Diponegoro.

Pengurus Yayasan Alumni Teknik Elektro Undip, Abdul Syakur menjelaskan,
selain presentasi materi hemat energi dan instalasi listrik oleh mahasiswa juga dilakukan penggantian kabel-kabel instalasi penerangan jalan. “Juga penggantian dengan menggunakan lampu hemat energi yaitu Lampu LED,” katanya.