2Semarang, undip.ac.id. “KKN tidak hanya mengemban visi pribadi tetapi visi yang bersifat komunal, KKN mengasah kepekaan sosial para mahasiswa, bagaimana mengimplementasikan gagasan dan mengaplikasikan pemikirannya untuk membantu dalam mengembangkan dan mengangkat ekonomi rakyat” ujar Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol. Admin., Ph.D selaku Wakil Rektor III Universitas Diponegoro dalam kegiatan Expo KKN dan Gelar Budaya Tim II KKN Undip Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang (7/8).

Kegiatan Expo menampilkan pameran produk unggulan masing-masing desa. Kecamatan Dukun merupakan salah satu sentra sayuran, di beberapa stand menjual sayuran organik, seperti cabai, kacang panjang dan bayam. Sedangkan untuk pementasan budaya menampilkan Pertunjukan Kubro – Siswo Muda (Dusun Japunan), Topeng Ireng (Dusun Kemiriombo ), Tarian Candi Ayu (Desa Sewukan) dan Dadung Awuk (Desa Dukun).

Menurut Anan Kustanto, selaku ketua panitia kegiatan, selain expo dan gelar budaya, program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN antara lain senam sehat, lomba cerdas cermat, lomba adzan, lomba tumpeng, fashion show dan layar tancap.