1Universitas Diponegoro berusaha meningkatkan penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dengan fokus pada hilirisasi, salah satu hal yang dilakukan Undip adalah dengan mempromosikan hasil penelitian Undip pada RiTech Expo, Rabu-Sabtu (10-13/8).di Gelanggang Bung Karno Stadion Manahan Solo.

Direktur Kerjasama Riset dan Industri  Dr.Ir. Bambang Purwanggono mengatakan bahwa hilirisasi penelitian yang dilakukan Undip sesuai dengan program Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

“RiTech Expo sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementristekdikti dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 tahun 2016 diselenggarakan dalam rangka menunjukkan keberhasilan dan prestasi yang membanggakan hasil-hasil inovasi di bidang iptek dan perannya dalam membangun bangsa Indonesia” ujarnya.

“Peranserta Undip sendiri adalah untuk menampilkan dan mempromosikan karya-karya inovatif yang merupakan hasil dari riset dosen dan mahasiswa Undip. Hasil riset ini dapat dimanfaatkan dan ditindaklanjuti oleh stakeholder” imbuhnya.
Wakil Rektor IV Undip Prof. Ambariyanto mengatakan bahwa  pada RiTech Expo Undip menampilkan Pengembangan produk dari Limbah Mangrove berupa batik mangrove, pewarna dari mangrove, makanan olahan dari mangrove (berupa krupuk, sirup), Tangan bionik, kaki tiruan, sendi panggul buatan dan alat bantu diaknosis penyakit Parkinson, Pengembangan Budidaya system IMTA ,Pembangkit listrik pertemuan antara air laut dan air tawar, Man Toys (Permainan Edukasi), Mobil Water Treatment System untuk tanggapbencana dan daerah krisis air bersih, Desain prototip Mobil irit bahan bakar “Antawirya UNDIP Urban Gasoline”, Produk Pakan Unggas Salvinia dan Gracilaria dan Produk karya PKM Mahasiswa.

“Dari hasil-hasil penelitian Undip ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para peneliti-peneliti di masa mendatang. Kami juga terus mendorong para peneliti di lingkungan Undip untuk terus meneliti dengan fokus pada hilirisasi” ujarnya

“Hilirisasi penelitian akan akan membuat hasil-hasil penelitian dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, disinilah peran serta universitas diperlukan guna menghasilkan inovasi-inovasi baru yang mendorong perkembangan bangsa” imbuhnya.