Empat mahasiswa Undip mengembangkan jaket untuk tunanetra.

Dengan alat tersebut, orang yang tidak bisa melihat akan mendapatkan navigasi dan gambaran benda-benda di sekitar melalui suara yang muncul di earphone.

Teguh Kurniawan (Teknik Elektro 2015), Krismon Budiono (Teknik Elektro 2016), Rose Mutiara Suin (Teknik Elektro 2017), dan Yuni Prihatin Ningtyas (Kesehatan Masyarakat 2015) sepakat memberi nama alat tersebut Jetnet.

“Awalnya kami ingin mengembangkan alat bantu tunanetra yang selama ini hanya tongkat saja, maka kami rangkai Jetnet yang merupakan akronim dari Jaket Tunanetra ini,” jelas Teguh Kurniawan dalam press rilis, Senin (10/7/2017).

Dengan menanamkan sensor Jarak HC-SR04 pengguna jaket ini dapat dapat mendeteksi objek yang berada di depan, serong kanan, serong kiri, kanan, dan kiri dalam radius 3 meter.

“Ada delapan sensor jarak HC-SR04 yang kami tanamkan dalam prototype Jetnet digerakan dengan processor Arduino Uno yang kemudian memiliki output berupa suara dari earphone yang tersambung dengan modul MP3 dengan sumber tenaga baterai 7,2V berkapasitas 1800mAh,” jelas Teguh.

Sensor itu mampu mendeteksi benda apapun bahkan lubang di jalan.

Selain delapan sensor jarak mereka juga menanamkan dua Gyroscope agar pengguna juga dapat mengetahui elevasi kemiringan jalan

Dengan alat ini, penyandang tunanetra seakan dapat melihat keadaan sekitar yang diinformasikan dengan suara dari earphone yang mengindikasikan adanya obyek.

Yuni Prihatin Ningtyas, perwakilan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat berharap Jetnet dapat berguna bagi penyandang tunanetra yang ada di Indonesia.

“Berdasarkan hasil survei nasional tahun 1993 hingga 1996 angka kebutaan di Indonesia mencapai 1,5%. Angka ini menempatkan Indonesia pada peringkat pertama di Asia dan nomor dua di dunia,” imbuhnya.

Menurutnya, sampai saat ini mayoritas penyandang tunanetra hanya menggunakan tongkat bantu untuk membantu mereka berjalan.

“Saat ini temuan ini sedang dilombakan di Kemenristek Dikti harapannya bisa lolos dan mendapat paten untuk bisa membantu mobilitas pengguna dan mengurangi angka kecelakaan yang dialami penyandang tunanetra,” pungkasnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Canggih! Jaket Buatan Mahasiswa Undip Ini Bisa Tuntun Tunanetra Jalan, http://jateng.tribunnews.com/2017/07/10/canggih-jaket-buatan-mahasiswa-undip-ini-bisa-tuntun-tunanetra-jalan.
Penulis: rival al-manaf
Editor: bakti buwono budiasto